
Ontimes.id, Jakarta – Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkom, Pujo Pramono mengatakan, pihakanya mengidentifikasi dan mengatasi masalah kabel laut yang menyebabkan gangguan internet pada layanan Indihome dan Telkomsel sejak kemarin, Minggu (19/9/21) malam.
Menurut Pujo, sejak terjadinya gangguan kemarin pihaknya langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jaur komunikasi menuju Batam.
Selain itu, penambahan di beberapa link di wilayah seperti Papua, Kalimantan dan Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional Manado.
“Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala,” Pujo Pramono, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (20/9/21).
Gangguan layanan fixed broadband dan mobile broadband terjadi pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam-Pontianak.
Titik gangguan berasal dari sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam, di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.
“Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal,” kata Pujo.
Pelanggan layanan fixed broadband Indihome dan mobile broadband Telkomsel mengeluh internet mereka melambat sejak Minggu (19/9) pukul 17.33.
Dalam keterangan lain, Telkomsel menyatakan gangguan terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, pada Minggu (19/9) kemarin.
Gangguan hanya berakibat pada layanan internet, sementara layanan telepon dan SMS masih berfungsi normal.
Ia pun menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut. Ia juga mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel.
“Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala,” tandas Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkomsel, Denny Abidin. (kr/ud).